Thursday, January 28, 2016

Musik Video Indonesia January 2016


Video klip merupakan salah satu hal penting dalam dunia musik, tidak hanya sebagai pelengkap dari sebuah lagu, video klip merupakan media untuk mengkomunikasikan pesan yang terkandung dalam sebuah lagu ke dalam bentuk visual. Melaui video klip juga seorang penyanyi dapat lebih mudah mengekspesikan sebuah lagu, bahkan sering kali sebuah video klip juga menambah nilai jual dari lagu tersebut.

Sepinya acara musik di stasiun TV Indonesia yang benar - benar menampilkan musik Indonesia belakangan ini tidak menghentikan karya dari para kreator video klip. Kreativitas serta inovasi untuk menampilkan sebuah tampilan video klip musik yang menarik pun tetap dilakukan, hasilnya beberapa video klip musik Indonesia pun tidak lagi hanya menampilkan si penyanyi yang bercerita, namun lebih bermain pada simbol - simbol visual yang mengajak penontonya untuk bebas menginterpretasikannya. Berikut ini video klip musik terbaik bulan Januari 2016 (versi saya tentunya).

1. GAC ( Gamaliel Audrey Cantika) - Cinta


Director: Gamaliel Tapiheru
Director of Photography: Leone Stave & Vicky Tanzil
Editor: Gamaliel Tapiheru
MUA: Kiky Lutan

Menit awal video klip ini bercerita tentang kisah cinta pasangan muda yang bahagia, sampai suatu saat si pria pergi untuk bertugas dan ternyata tidak pernah kembali lagi, namun bayangan akan si pria tidak bisa dilupakan oleh pasanganya. Kisah cinta tragis dengan penggambaran visual hitam putih dan pengulangan adegan membuat video klip ini terasa semakin dramatis.

2. Maudy Ayunda - Jakarta Ramai


Composed by Maudy Ayunda
Music Arranger by Tohpati
Song Published By : Trinity Optima Publishing
© TRINITY OPTIMA PRODUCTION 2016

Video klip ini bercerita tentang seorang wanita yang mempunyai banyak mimpi dan harapan, wanita dengan berbagai aktivitas nya dari matahari terbit hingga petang dengan latar kota Jakarta, namun wanita ini merasa kosong dan sepi meskipun berada di kota Jakarta yang ramai. Video klip ini memiliki alur cerita yang simple dengan simbol - simbol khas kota Jakarta sebagai latarnya, bahasa visual yang apik pada video klip ini tidak hanya memanjakan mata, namun juga membuat kita mengerti makna dibalik lagu ini.

3. Monita Tahalea - Memulai Kembali

 
Director of Photography: Nicky Gunawan
Editor: Crismareza Prakoso
Vidiographer: Valentius Yuanno
 
Mengambil cerita tentang seorang wanita yang melakukan perjalanan wisata, video klip ini terlihat menyenangkan layaknya dokumentasi wisata. Namun pada bagian akhir baru dijelaskan maksud dari perjalanannya yakni untuk memulai kembali hidup nya yang lebih baik. Latar belakang pemandangan alam Indonesia yang di tata apik sangatlah memanjakan mata penontonnya.

Bayu Raditya Pratama

No comments:

Post a Comment