Thursday, January 7, 2016

Greenhost Boutique Hotel; Hotel Berkonsep Green Design


Mengangkat isu green building, Hotel yang terletak di Jalan Prawirotaman II No. 269 Yogyakarta ini menjadi salah satu hotel yang paling sering nongol di media sosial akhir - akhir ini. Greenhost Boutique Hotel merupakan hotel unik dengan mengedepankan konsep urban serta green design pada bagunannya.

Kesan industrial langsung terasa saat memasuki area hotel, dinding yang dibiarkan unfinished, penggunaan material kayu dengan warna natural, serta plafon yang terekspos memberikan ambience yang berbeda dari hotel pada umumnya. Meskipun hotel ini menggunakan tema industrial yang kaku, namun tanaman sayuran hydroponic yang menghiasi hampir seluruh bangunan amatlah menyejukan mata. Hal lainya yang jarang ditemui ialah konsep bangunan yang menggunakan banyak bukaan, membuat sinar matahari langsung dapat masuk ke area hotel, bukaan tersebut juga meminimalisasi penggunaan AC.


Saat memasuki kamar pun kita tidak akan menemukan kemewahan ala hotel bintang 5. Lantai & dinding di area kamar menggunakan semen ekspos dengan penggunaan furnitur built-in yang sesuai dengan fungsinya. Kesan minimalis industrial amat kental terasa di area kamar, sampai chanel TV nya pun buat saya amat minimalis, meskipun minimalis namun kamar hotel ini lumayan nyaman dihuni.

Selain kamar umumnya hotel juga menyediakan restoran untuk makan ataupun sekedar nongkrong, konsep lestoran dibuat semi gallery dengan kursi kayu dan meja yang artistik. Untuk sarapan pagi, menu yang ditawarkan pun cukup beragam, baik makanan Indonesia maupun Internasional. Namun menurut saya rasa makanan di hotel ini kurang memuaskan, ditambah penggunaan meja yang artistik tersebut malah menyulitkan karena permukaan meja yang tidak rata.


Area rooftop lah yang paling menarik buat saya, di area ini kita dapat melihat berbagai jenis sayuran yang ditanam secara hydroponic, mulai dari daun selada hingga daun mint. Selain penggunaan sayuran hydroponic sebagai elemen estetis tentunya banyak hal lain yang membuat hotel ini disebut sebagai green building, seperti penggunaan solar system sebagai energi alternatif, penggunaan material yang ramah lingkungan, hingga penggunaan bahan yang non toxic secara keseluruhan.


Bayu Raditya Pratama   

No comments:

Post a Comment