Sunday, January 24, 2016

Aneka Varian Rasa Pocky


Ezaki Glico ialah perusahaan makanan jepang yang didirikan oleh Riichi Ezaki pada tahun 1922. Pada awal kemunculanya perusahaan ini memproduksi permen karamel Glico, kemudian setelah tahun 1963 perusahaan yang berkantor pusat di Osaka ini memproduksi makanan ringan. Pretzel merupakan makanan ringan pertama berbentuk stick yang diperkenalkan oleh perusahaan ini, produk inilah yang menjadi cikal bakal dari produk Pocky.

Tahun 1966 untuk pertama kalinya Glico memperkenalkan Pocky Chocolate, Stick biskuit berlapis coklat dengan menyisakan sebagian untuk pegangan. Nama Pocky Chocolate berasal dari bunyi Pokkin Pokkin (bahasa jepang sewaktu biskuit patah digigit), Pocky Chocolate pada awalnya dijual secara terbatas di Perfektur Hirosima dan baru dijual di seluruh jepang pada tahun 1968. Kini Pocky telah memiliki banyak varian rasa, dan pendistribusiannya tidak hanya ada di Jepang namun telah mendunia. Di Eropa, Pocky dikenal dengan nama Mikado, sedangkan di Malaysia Pocky dikenal dengan nama Rocky. Pocky telah diproduksi lebih dari 100 varian rasa di seluruh dunia, Di Indonesia sendiri Pocky memiliki 6 varian rasa.

Pocky Chocolate


Pocky Chocolate merupakan varian pertama dari produk ini, biskuit stick gurih dengan rasa coklat yang pekat, rasa coklat pada biskuit ini tidak terlalu manis lebih cinderung ke pahit seperti dark coklat. Rasa coklat nya pun tidak menutupi rasa gurih dari biskuitnya, coklat pada biskuit ini tidak meninggalkan rasa manis yang berlebihan ditenggorokan, bagi penyuka rasa coklat yang pekat makanan ringan ini bisa jadi alternatif.

Pocky Strawberry


Pocky Strawberry merupakan salah satu varian Pocky klasik yang ada di Indonesia setelah Pocky Chocolate, aroma khas stawberry langsung terasa ketika membuka bungkusnya, rasa cream strawberry yang manis melapisi rasa gurih dari biskuit stick didalamnya. Sedikit berbeda dengan rasa dari varian coklat yang pekat, pada varian ini rasa stawberry tidaklah terasa asam, melainkan manis dan creamy. Saya lebih menyukai rasa varian ini dibanding rasa coklat, namun kemasan yang berwarna pink membuat khususnya para laki - laki terlihat aneh jika membawa Pocky Strawberry.

Pocky Matcha


Pocky Matcha merupakan varian baru dari Pocky yang beredar di Indonesia, rasa green tea yang manis melapisi biskuit stick gurih memberikan sensasi berbeda ketika memakanya, aroma green tea tetap kuat terasa memenuhi lidah meskipun kita telah menelannya. Rasa Pocky Matcha sangatlah unik, manis dan juga gurih sekaligus, untuk sebagian orang yang tidak menyukai aroma green tea yang kuat mungkin tidak akan suka dengan Pocky Matcha ini.

Pocky Double Choco


Bila pada varian lainya Pocky biskuit stick nya terasa gurih, inovasi baru pun dilakukan Glico pada Pocky variant ini. Biskuit stick coklat berlapis coklat yang pekat menghasilkan rasa yang benar - benar coklat, dari situlah Glico menamakan varian ini Double Choco. Rasa varian ini lebih manis dibandingkan dengan Pocky Choholate klasik. Pada awalnya variant ini merupakan salah satu varian klasik yang dikembangkan oleh Glico, namun di Indonesia varian ini baru masuk dipasaran setelah Pocky Strawberry.

Pocky Choco Banana


Aroma pisang sangat terasa ketika membuka kemasan Pocky ini, biskuit stick coklat dengan lapisan cream pisang dibagian luarnya. Rasa cream pisang tidaklah semanis tampilanya, namun hal tersebutlah yang membuat Pocky Choco Banana ini terasa ringan dan tidak enek. After taste dari biskuit ini meninggalkan aroma pisang yang kuat di lidah, jika tidak terlalu suka pisang sebaiknya jangan memilih Pocky varian ini.  

Pocky Vanilla & Cocoa Flavour


Pocky inilah yang terasa paling manis dari seluruh varian yang ada di pasar Indonesia, biskuit stick coklat dengan lapisan cream vanilla diluarnya memberikan sensasi yang unik, memakan Pocky ini seperti meminum susu putih dan coklat secara bersamaan. Dengan rasa yang lebih manis, pastinya anak - anak akan lebih menyukai pocky varian ini. Meskipun pocky ini dinamakan Vanilla & Cocoa Flavor, namun rasa vanilla lah yang paling dominan dalam Pocky ini.

Dari 6 varian rasa Pocky yang ada di pasar indonesia, Pocky Chocolate dan Pocky Stawberry lah yang menjadi favorit saya. Selain karena rasa nya yang simple dan ringan, ke-2 varian Pocky inilah yang paling mudah ditemukan. Kreativitas dan inovasilah yang membuat Glico dapat dengan sukses membuat produk Pocky ini dapat dikenal luas hingga mendunia, tak berhenti hanya sampai kualitas dan rasa, namun bagaimana cara Glico mem-branding produk ini pun patut dijadikan contoh. 

Bayu Raditya Pratama
  

No comments:

Post a Comment