Saturday, February 13, 2016

Gudeg Manggar; Cita Rasa Putri Raja


Tidak lengkap rasanya bila mengunjungi kota Yogyakarta tanpa menyicipi makanan khas utamanya, Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang sudah termasyhur hingga ke mancanegara. Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, masakan ini membutuhkan waktu lama dalam proses pemasakanya. Pada umumnya gudeg mempunyai cita rasa legit dan manis, dan disajikan bersama makanan pelengkap lainya seperti ayam, telur, tahu dan sambal krecek.

Konon pada ratusan tahun yang lalu putri Panembahan Senapati Raja Mataram menciptakan resep masakan gudeg yang berbeda dari umumnya, bila biasanya masakan gudeng menggunakan nangka muda sebagai bahan utamanya, pada gudeg ini menggunakan bunga kelapa sebagai bahan utama. Bunga kelapa yang digunakan pun tidak lah sembarangan, bunga kelapa haruslah berasal dari pohon kelapa yang kurang produktif. Menginggat sulitnya bahan baku makanan gudeg ini, pada masa itu makanan gudeg manggar ini hanya dinikmati oleh kalangan tertentu saja.


Sekarang ini pun jarang sekali restoran gudeg di Yogyakarta yang menyuguhkan gudeg manggar, salah satu yang menyediakanya ialah Restoran Manggar Manding yang terletak di Jl. Parangtritis KM. 11,5, Bantul, Yogyakarta. Restoran dengan konsep kontemporer ini menggabungkan masakan tradisional yogyakarta dengan masakan modern lainya, jangan ragu untuk mencoba masakan lainya bila anda bukan penggemar gudeg, karena restoran ini juga menyediakan menu - menu lainya.


Gudeg manggar memiliki cita rasa berbeda dibanding gudeg pada umumnya yang terasa manis, gudeg manggar terasa gurih dan ringan. Selain itu gudeg manggar ini konon juga dipercaya memiliki khasiat bagi kecantikan kulit dan wajah, pada zaman dahulu percaya bahwa jika memakan gudeg manggar ini niscaya akan membuat wajah lebih bersinar. Hal tersebut juga pernah dikemukakan oleh Mooryati Sudibyo selaku kerabat keraton Yogyakarta dan pengusaha kecantikan tradisional Indonesia.

Bayu Raditya Pratama

No comments:

Post a Comment