Monday, April 20, 2015

R.I.S.A.R.A; Buku Harian Tentang Mahluk Halus



Persahabatan yang dimulai karena mahluk halus, keanehan tersebut mungkin hanya terjadi pada Sara Wijayanto dan Risa Saraswati. Pertemuan keduanya berawal dari sebuah program acara televisi, kelebihan mereka melihat dan berkomunikasi dengan mahluk halus membuat mereka menjadi host disalah satu program pencarian hantu. Pertemanan mereka berlanjut hingga ke ranah media sosial, melalui twitter mereka kerap kali cerita pengalaman mereka saat berkomunikasi dengan mahluk halus, #risara menjadi hastag yang selalu ditunggu penggemar mereka setiap malam jumat.

Cerita - cerita mereka dengan hastag Risara lah yang mendasari mereka membuat sebuah buku kolaborasi, pada awalnya Sara tidak yakin dengan dirinya untuk menulis buku, karena ini merupakan kali pertama Sara membuat sebuah buku. Hal ini berbeda dengan Risa yang sudah terlebih dahulu menjadi penulis cerita - cerita horor, buku r.i.s.a.r.a merupakan buku ke-4 nya setelah ia meluncurkan buku Maddah, Sunyaruri, dan Ananta Prihadi.

Buku r.i.s.a.r.a merupakan cerita dari keseharian mereka dalam berhubungan dengan mahluk halus, dalam buku ini pun dijelaskan latar belakang kedekatan antara mereka berdua. Dalam setiap bab nya buku ini diceritakan secara bergantian, konsep yang sama ketika mereka menceritakan pengalaman mereka melalui media sosial twitter.

Gaya bahasa yang mereka gunakan pun sangatlah ringan dan nge-pop, banyak celotehan - celotehan ringan khas anak muda jaman sekarang. Secara halaman pun buku ini sangat pas sebagai teman bersantai, hanya sekitar 162 halaman. Meskipun ringan dan nge-pop buku ini juga mengandung banyak pelajaran hidup, melalui r.i.s.a.r.a kita diajak untuk mengenal lebih dekat sosok yang selama ini menyeramkan, buku ini juga memberi pelajaran bagaimana semestinya kita menghargai sebuah kehidupan.

Bayu Raditya Pratama   

  
    

No comments:

Post a Comment