Saturday, April 25, 2015

Frau; Antara Lani, Oscar, dan Puisi




frau

"Perkenalkan saya Leilani Hermiasih dan ini keyboard saya oscar, kami tergabung dalam sebuah band, Frau," kata Lani mengawali penampilanya. Sebuah band pada umumnya memiliki personel beranggotakan manusia, namun berbeda dengan frau yang beranggotakan Lani (Vokal, Pianis) dan Oscar keyboard kesayanganya.

Pada awalnya, Lani yang gemar menulis lagu mencoba merekam lagu hasil ciptaannya menggunakan media sederhana, yakni sebuah laptop yang ia namai Amelie. hasil rekaman tersebut kemudian ia unggah ke sosial media myspace, dari sosial media tersebut ia banyak mendapat respon positif atas musik yang ia mainkan.

Melalui yesnowave.com Lani membuat mini album pertamanya starlit carousel yang dapat di download secara gratis, yesnowave.com merupakan netlabel yang berbasis di Yogyakarta. 'Mesin penenun hujan', 'I'm a sir', 'sepasang kekasih yang pertama bercinta di luar angkasa', 'salahku,sahabatku','cat and rat', 'intensity', dan 'glow', merupakan lagu - lagu yang  terdapat pada album pertama Frau. Tahun 2010, album pertamanya ini dibuat kedalam bentuk CD bersama dengan Cakrawala Records dan Demajors. Regina Spektor, Feist, Fiona Apple, hingga Crisye menjadi inspirasi Lani dalam bermusik.

Jenis musik yang Frau mainkan terbilang jarang di Indonesia, sentuhan klasik dan anti-folk dengan paduan lirik puitis terdengar jelas dalam setiap lagunya. Bernyayi dengan hanya diiringi oleh dentingan piano membuat musik frau terdengar sederhana, namun justru menjadi kekuatan dari setiap lagu yang Frau bawakan.

"Musik hanyalah sekedar hobi," kata Lani dalam setiap kesempatan penampilanya. Ia tak ingin musik menjadi penghalang ia untuk melanjutkan pendidikanya, alasan ini juga yang mendasari Lani untuk menolak beberapa tawaran bergabung dengan beberapa label besar. Ia membuktikannya di tahun 2013, ia meninggalkan Oscar keyboard kesayangan nya untuk menempuh pendidikanya di Inggris.

Sebelum vakum selama 1 tahun, Frau lebih dulu menyelesaikan proyek album ke-2 nya yang diberi judul Happy Coda, album yang berisi 8 lagu ini  resmi diliris oleh yesnowave.com pada bulan Agustus 2013. pada album ke-2 ini tidak ada yang berubah dari Frau, semua lagu dapat di download secara cuma - cuma. Album Happy Coda juga dibuat ke dalam bentuk CD dengan record label dan distributor yang sama. "Saya cuma punya waktu 2 minggu untuk menyelesaikan 8 lagu ini, dan alhasil liriknya kurang memuaskan, kemudian saya agak mutung (ngambek), gak terlalu suka pentas, gak mau mengutak-atik lagu - lagu itu. Sampai akhirnya saya menyadari kalau saya ingin bikin lagu baru, untuk membuat lagu baru saya perlu merumahkan yang 8 ini," ungkap Lani dalam peluncuran album Happy Coda.

Dalam setiap penampilanya Frau tidak hanya membawakan lagu nya sendiri, seringkali Lani mencoba bereksperimen dengan melagukan sebuah puisi, sebut saja puisi 'Senja di pelabuhan kecil' dari Chairil Anwar, 'Dongeng buat bayi zus pandu' dari Asrul Sani, hingga 'Berita Perjalanan' dari Sitor Situmorang.

Bayu Raditya Pratama



       

No comments:

Post a Comment