Wednesday, November 25, 2015

Soto Bathok Mbah Katro; Cita Rasa Alami


Liburan ke Yogyakarta tak lengkap rasanya ketika belum mencicipi makanan unik khas setempat, salah satu nya ialah Soto Bathok Mbah Katro yang terletak di kawasan Candi Sambisari, Kalasan. Tempat kuliner yang berada ditengah sawah ini merupakan tempat sarapan favorit warga setempat dan wisatawan, terbukti dari ramai nya pembeli pada pagi hari.

Soto Bathok Mbah Katro ini hanya menawarkan hidangan berupa soto sapi berkuah bening, namun keunikannya terletak pada cara penyajian yang menggunakan batok kelapa (tempurung kelapa), Selain itu terdapat juga sate telur dan tempe goreng sebagai tambahan. Meskipun hanya menyajikan soto sapi dengan porsi sebesar batok kelapa, namun sensasi makan di tengah sawah dengan menggunakan batok kelapa ini lah yang menimbulkan kenikmatan tersendiri.


Menggunakan batok kelapa sebagai pengganti mangkok membuat rasa soto sapi menjadi lebih alami dan gurih, jangan ragu untuk memesan banyak tempe goreng nya, karena rasa tempe gorengnya yang enak membuat kita tak dapat berhenti untuk memakannya. Sejuk nya udara pagi tengah sawah membuat betah berlama - lama ditempat ini, meskipun hanya duduk lesehan di saung bambu. Sarapan di tempat ini tidak lah menguras kantong, bahkan bisa dikatakan tempat kuliner ini murah meriah bagi ukuran wisatawan.

Tempat yang nyaman, harga murah, dan penyajian yang unik merupakan nilai tambah dari tempat kuliner ini, namun menemukan letak soto ini bukanlah perkara yang mudah. Minim nya petunjuk jalan serta lokasi yang lumayan jauh dari jalan raya, membuat kita seolah menemukan harta karun ketika sampai di lokasi ini.

Bayu Raditya Pratama  

No comments:

Post a Comment